Cara Mengecek KK Online
Cara Mengecek KK Online

Cara Mengecek KK Online

Cara mengecek KK online. Kartu Keluarga (KK) merupakan bukti otentik identitas keluarga yang selalu berubah sesuai dengan jumlah anggota keluarga. Cara cek kartu keluarga secara online bisa diikuti melalui ulasan ini hingga selesai.

Untuk diketahui, pemerintah menyediakan layanan verifikasi nama online yang memisahkan nama setiap anggota keluarga. Pengecekan KK biasanya dilakukan agar nomor dan validasi data pada kartu keluarga dapat dicantumkan.

Perlu Anda ketahui bahwa KK memegang peranan penting dalam kehidupan seluruh anggota keluarga. Selain Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang bersifat perseorangan. Tapi tahukah Anda? Cek KK online bisa dilakukan dengan berbagai cara, jadi tidak bisa mengandalkan level yang sama.

Anda bisa mengecek KK Anda melalui website resmi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) di WhatsApp dari ponsel Anda. Oleh karena itu, kami membantu Anda untuk cepat dan mudah memeriksa KK Anda secara online, sehingga data dan informasi dapat diubah sesuai dengan lampiran pemerintah setempat.

Tidak perlu pergi ke kantor pemerintah daerah jika ada kesalahan ejaan nama atau informasi kelahiran setiap anggota keluarga karena Anda dapat melakukannya melalui gadget tanpa keluar rumah dan bahkan mengantre sebagai cek offline.

Cara Mengecek KK Online

Seperti yang Anda ketahui, KK bukanlah dokumen sembarangan yang bisa diedit secara mandiri. Ini karena semua informasi yang dilampirkan harus sesuai dengan fakta biologis setiap anggota keluarga.

Anda juga perlu menyesuaikan tanggal lahir dan tahun lahir dan setiap digit angka tidak boleh salah. Tak perlu dikatakan bahwa hampir semua yang Anda lakukan tidak dapat dipisahkan dari dokumen pribadi untuk mencegah pemalsuan atau penipuan data.

Anda juga harus menggunakan KK yang Anda miliki untuk mendaftarkan nomor ponsel di smartphone. Kondisi ini terjadi karena ada pihak tertentu yang memiliki niat buruk dan mengatasnamakan seseorang yang identitasnya bukan dirinya.

Tidak hanya itu, Disdukcapil akan selalu mengecek semua KK seluruh keluarga Indonesia untuk menghindari kesamaan nomor KK bahkan NIK (Nomor Induk Keluarga) yang berbeda satu sama lain.

Cara Mengecek KK Online Terpercaya dan Terkini

Untuk mengecek KK secara online, Anda bisa menggunakan beberapa cara yang akan kita bahas pada pembahasan berikut ini. Disdukcapil menyediakan layanan pengecekan atau pengecekan tiket keluarga secara online. Sehingga tidak membuang waktu untuk mengantri apalagi di masa saat ini tanpa keramaian. Beberapa informasi penting yang harus Anda pahami dan dengarkan baik-baik adalah:

1. Melalui website resmi Dukcapil

  • Buka aplikasi web browser (Google Chrome, Opera Mini, Mozilla Firefox, UC Browser, dll) dari smartphone atau PC Anda.
  • Kunjungi website resmi Kementerian Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) di http://www.dukcapil.kemendagri.go.id/.
  • Gunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dengan benar dan isikan pada kolom yang sesuai.

Jika NIK terdaftar, data keluarga dapat ditampilkan secara otomatis.

2. Melalui email

Untuk cek KK online via email, Anda bisa mengakses email melalui smartphone seperti Gmail atau Yahoo. Kemudian masukkan alamat email penerima yaitu alamat email resmi Disdukcapil di callcenter.dukcapil@gmail.com.

Anda harus memasukkan subjek email, seperti permintaan cek KK dengan konten pesan yang sesuai. Gunakan NIK yang benar agar instansi yang berwenang dapat mengeceknya dengan cepat. Setelah itu Anda harus menunggu 1×24 jam untuk email balasan.

Cara mengecek KK online selanjutnya.

3. Melalui media sosial

Anda dapat memeriksa KK Anda secara online melalui media sosial. Disdukcapil menawarkan berbagai aplikasi sehingga dapat menghubungi semua kalangan yang ingin bertanya bahkan mengadukan dokumen pribadinya.

Anda dapat mengikuti halaman Facebook atau Twitter resmi Disdukcapil di @ccdukcapil. Untuk menjaga keamanan dan privasi, kami menyarankan Anda untuk mengajukan pertanyaan kepada mereka melalui Direct Message (DM).

4. Melalui WhatsApp / Short Message (SMS)

Anda dapat meminta informasi KK secara online dari Disdukcapil melalui SMS atau WhatsApp. Anda hanya perlu mengirimkan pesan singkat dengan format NIK, Nama Lengkap, Nomor Telepon, Nomor KK dan Isi Pesan.

Jangan lupa untuk mencatat ID Anda dengan nomor yang benar untuk menghindari penolakan klaim. Tulis keluhan Anda dengan benar dan sopan, kirim pesan ke 0811-800-5373. Ini adalah nomor resmi Dukcapil.

5. Melalui website resmi Kementerian Dalam Negeri

Ini adalah cara mengecek KK online yang juga bisa dibilang mudah.

  • Buka aplikasi browser web dari ponsel cerdas Anda.
  • Kunjungi website resmi Kementerian Dalam Negeri di https://www.jasaonline.dukcapil.kemendagri.go.id/.
  • Tambahkan nomor telepon yang terdaftar, masukkan kata sandi dan captcha yang ditampilkan.
  • Jika Anda belum terdaftar, Anda dapat mengisi formulir di situs dan melampirkan informasi yang diminta.
  • Isi NIK dan E-KTP Anda menggunakan kolom yang sesuai.

Detail kartu keluarga muncul secara otomatis.

Cara mengecek KK online selesai.

Apa saja kegunaan kartu keluarga yang belum Anda ketahui?

Kartu Keluarga memiliki fungsi yang mutlak dan wajib dalam kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, setiap orang harus mengetahui alasan di balik keberadaan mereka yang tidak boleh disepelekan. Sehingga Anda dapat menikmati manfaatnya dengan baik hingga hari tua sebagai berikut:

  • Persyaratan pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Dokumen wajib saat membuat akta kelahiran untuk bayi baru lahir.
  • Mutlak harus jika ingin mendaftarkan BPJS, asuransi atau hal serupa lainnya.
  • Lampiran penting yang diarsipkan saat anak mendaftar di sekolah.
  • Bukti otentik status identitas keluarga dan setiap anggota keluarga.

Bagaimana cara merawat kartu keluarga dengan baik dan benar?

Wajib mematuhi Pasal 79A Undang-Undang No. 24 Tahun 2013 tentang pengelolaan dan pembuatan dokumen GRATIS yang berisi data pribadi. Jika pada saat membuat dokumen, Anda bertemu dengan pihak tertentu yang meminta sejumlah uang, Anda berhak untuk melaporkannya kepada pihak yang berwajib.

Tidak hanya itu, Anda juga harus mengikuti syarat yang berlaku, karena tidak sembarang orang boleh datang langsung ke PN terkait untuk melakukan KK. Untuk mengajukan KK bagi diri sendiri atau anggota keluarga baru, Anda dapat mengikuti prosedur yang berlaku dan telah kami rangkum sebagai berikut:

  • Kunjungi ketua RT setempat untuk meminta surat pengantar untuk melakukan KK.
  • Bawa surat itu ke Ketua RW untuk dicap.
  • Datanglah ke kantor Kelurahan setempat dengan membawa surat permohonan dan lengkapi formulir permohonan pembuatan KK baru yang telah disiapkan.
  • Harap pastikan bahwa semua dokumen terlampir lengkap dan sesuai karena pejabat terkait akan memeriksanya.

Lurah akan menandatangani formulir tersebut dan mengirimnya ke Kecamatan.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat dan memverifikasi kartu keluarga secara umum?

Perlu Anda ketahui bahwa cara cek Kartu Keluarga di atas secara online cukup cepat dan mudah. Untuk pengecekan KK secara online, Anda bisa menunggu 1×24 jam untuk mendapatkan respon dari Dukcapil dengan mengirimkan pertanyaan atau keluhan yang benar.

Prosedur pengajuan Kartu Keluarga baru tidak memakan banyak waktu. Toh, setiap orang hanya perlu datang ke Kantor Kecamatan terkait dan menunggu batas waktu paling lambat 1 (satu) bulan.

Inilah cara mengecek KK online, sangat mudah untuk dilakukan. Semoga bermanfaat.

Kunjungi juga

erp cloud

Penjelasan Cloud ERP Keuntungan, Risiko dan Solusi Populer

Cloud ERP adalah sistem perencanaan sumber daya perusahaan berbasis cloud. Ini menawarkan banyak keuntungan bisnis …