Facebook Bermasalah
Facebook Bermasalah. Sumber Gambar: Google.com

Penyebab Facebook Bermasalah dan Solusi Lengkapnya

Facebook bermasalah penyebab dan solusi lengkapnya. Facebook adalah salah satu platform media sosial terkemukan dengan pengguna yang fantastis mencapai milyaran orang. Dan, pada tahun 2016, Mark Zuckerberg menambahkan beberapa fitur unik pada Facebook.

Misalnya saja seperti emoticon smiley yang dapat pengguna gunakan sebagai cara untuk mengekspresikan perasaan pada status, foto, atau juga video yang pengunggahnya oleh pengguna lain.

Facebook Bermasalah

Solusi Facebook Bermasalah
Solusi Facebook Bermasalah. Sumber Gambar: Google.com

Namun, dengan populernya pengguna Facebook di Indonesia, beberapa masalah muncul pada aplikasi Facebook android. Selain pengguna akses melalui browser, tim Facebook juga menyediakan aplikasi bernama Facebook dan juga Facebook Lite.

Sayangnya, aplikasi Facebook tersebut terkadang mengalami masalah seperti error, macet, atau bahkan hingga tidak bisa pengguna buka. Jadi, kenapa aplikasi Facebook tidak bisa kita buka?.

Umumnya, ketika aplikasi seperti Facebook mengalami error, akan muncul pesan pop-up yang menyatakan “sayangnya Facebook Lite telah berhenti” atau “unfortunately Facebook has stopped”. Pesan tersebut menunjukkan aplikasi berhenti secara tiba-tiba atau bahkan tidak bisa kita buka sama sekali.

Penyebab Facebook Bermasalah

1. Cache dan Data

Facebook Bermasalah Cache dan Data
Facebook Bermasalah Cache dan Data. Sumber Gambar: Google.com

Salah satu penyebab umum dari penyebab Facebook bermasalah dan error adalah penumpukan cache atau RAM yang sudah penuh. Masalah ini tidak hanya terjadi pada aplikasi Facebook, tetapi juga pada aplikasi lain seperti Instagram, LINE, WhatsApp, dan sebagainya.

Berikut adalah beberapa metode dan langkah-langkah yang dapat kita ikuti untuk mengatasi masalah tersebut. Pertama, restart smartphone. Langkah pertama yang dapat kita lakukan adalah dengan restart smartphone.

Cara ini dapat membantu aplikasi kembali normal, terutama jika masalahnya hanya terjadi karena RAM penuh atau kinerja yang lambat. Namun, jika masalah masih terjadi, maka dapat mencoba metode berikutnya.

Paksa berhenti dan hapus data Facebook,. Jika cara sebelumnya tidak berhasil, coba cara selanjutnya adalah dengan memaksa aplikasi berhenti dan menghapus data dari aplikasi.

Pada saat membersihkan data, data login, database, cache, riwayat, pengaturan, dan juga data lainnya akan terhapus secara permanen. Untuk menghapus data aplikasi Facebook, maka ikuti langkah-langkah ini.

Hapus data aplikasi Facebook dengan cara, pertama buka Pengaturan » Pengaturan Lanjutan » Kelola Aplikasi » Cari “Facebook” » Kemudian ketuk Paksa Berhenti dan selanjutnya Hapus Data.

Sebenarnya, untuk meningkatkan performa Android, file cache sangatlah baik. Namun, penumpukan cache yang terlalu berlebih dapat berdampak buruk pada kinerja aplikasi seperti Facebook.

Oleh karena itu, metode yang dapat kita lakukan adalah dengan menghapus file cache aplikasi. Pengguna dapat membuka menu Pengaturan, lalu Setelan Tambahan, dan Manajemen Aplikasi, cari aplikasi Facebook, dan terakhir hapus cache dengan mengetuk opsi yang tersedia.

 

2. Koneksi Internet

Internet Down
Internet Down. Sumber Gambar: Google.com

Untuk Facebook bermasalah, maka periksa konektivitas smartphone. Jadi apakah data internet di HP Android Anda dapat Anda gunakan atau tidak. Tes dengan membuka aplikasi lain seperti YouTube, Play Store, atau juga aplikasi lainnya.

Jika lancar, maka dapat kita pastikan masalah hanya terjadi pada aplikasi Facebook saja. Namun, jika internet tidak lancar atau loading terus-menerus, pastikan paket data masih tersedia dan cobalah menggunakan fitur mode pesawat untuk mencari jaringan baru.

Namun, bisa juga masalah koneksi karena adanya blokir dari pemerintah. Seandainya ada, maka ada juga solusinya. Apabila pemerintah melakukan take down pada media sosial, pengguna dapat menggunakan VPN sebagai solusinya.

Media sosial merupakan kebutuhan penting bagi masyarakat Indonesia, khususnya bagi bisnis online dan UKM kecil-kecilan. Cara ini lebih efektif daripada memblokir akses ke media sosial karena VPN dapat meredirect IP ponsel ke luar negeri.

Ini bergantung pada server VPN yang digunakan seperti Singapura, India, Belanda, atau bisa juga Amerika. Terdapat banyak aplikasi VPN yang dapat kita gunakan, baik yang gratis maupun berbayar.

 

3. Perbarui Aplikasi Facebook

Instal Ulang FB
Instal Ulang FB. Sumber Gambar: Google.com

Jika Facebook bermasalah belum usai, maka cara selanjutnya adalah memperbarui aplikasi Facebook ke versi terbaru. Selain mendapatkan fitur terbaru, aplikasi Facebook juga akan terbebas dari beberapa bug atau corrupt.

Untuk memperbarui aplikasi Facebook, Anda dapat memperbaruinya langsung dari Google Play Store. Jadi, buka Google Play Store, cari aplikasi “Facebook”, lalu coba klik Perbarui dan Terima.

Tetapi jika cara tadi tidak berhasil, maka Anda perlu menghapus aplikasi Facebook dan menggantinya dengan aplikasi Facebook yang baru. Hapus aplikasi Facebook, hapus cache, mulai ulang Android Anda. kemudian unduh aplikasi Facebook secara gratis langsung dari Google Play Store.

Untuk menghapus aplikasi Facebook, ikuti langkah-langkah ini. paertama, buka Pengaturan » Pengaturan Lanjutan » Kelola Aplikasi » Temukan “Facebook” » Kemudian klik “Hapus”. Selanjutnya, instal ulang saja dengan program yang fresh.

 

Facebook Bermasalah di Browser

Facebook Browser
Facebook Browser. Sumber Gambar: Google.com

Jika Anda tidak dapat membuka Facebook di browser pada perangkat HP, masalah tersebut mungkin penyebabnya adalah koneksi internet yang lambat, server Facebook yang down, atau blokir dari pemerintah.

Jika masih di-blokir, maka Anda dapat menggunakan VPN atau menunggu beberapa hari sampai Facebook kembali normal. Sementara itu, jika Anda tidak dapat membuka Facebook di browser pada PC, masalah tersebut mungkin penyebabnya server Facebook yang bermasalah.

Atau, bisa juga karena koneksi internet yang lambat. Jika masalahnya karena blokir, Anda dapat menggunakan ekstensi VPN di browser Anda, seperti Browsec VPN untuk Firefox atau ZenMATE VPN untuk Chrome.

Untuk menghindari masalah serupa di masa depan, Anda dapat menginstal aplikasi pembersih seperti CCleaner, Clean Master, Go Speed, 1 Tap Cleaner, dan lainnya untuk meningkatkan performa Android dan membuatnya bekerja lebih ringan dan cepat.

Metode yang kami sebutkan dapat kita terapkan pada semua perangkat Android, seperti SAMSUNG, OPPO, Realme, Lenovo, ASUS, Xiaomi, VIVO, Huawei, NOKIA, dan juga berbagai perangkat lainnya.

Semoga solusi yang kami sebutkan di atas dapat membantu dan bermanfaat. Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar, jangan ragu untuk menulis di kolom komentar di bawah. Terima kasih dan semoga berhasil!

Kunjungi juga

erp cloud

Penjelasan Cloud ERP Keuntungan, Risiko dan Solusi Populer

Cloud ERP adalah sistem perencanaan sumber daya perusahaan berbasis cloud. Ini menawarkan banyak keuntungan bisnis …